13.5.08

Jalan Dan Pendidikan, Butuh Perhatian

  • 13-Mei-2008, Harian Mimbar Maluku - Ambon
  • Ambon,MM.- Demianus Saiya (56), salah satu warga masyarakat desa Aboru yang ditemui Mimbar Maluku (MM) saat berlangsungnya acara 100 tahun gereja Bethel Aboru memintaa pemerintah harus lebih serius perhatikan berbagai infrastruktur yang memprihatinkan di desa. Jalan lingkar Pulau Haruku adalah merupakan jantung perekonomian warga yang belum selesai harus secepatnya diselesaikan. Jalan lingkar kini baru sampai di dusun Naila yang adalah anak desa Aboru sementara penduduk terbanyak itu ada di desa induk sehingga jalan cepat diselesaikan. Bukan hanya itu, pendidikan yang merupakan kebutuhan dasar juga mesti berkembang sama seperti di daerah perkotaan.
  • “katong pung anak-anak pung pendidikan, buku-buku hampir seng ada jadi pemerintah bantu biar katong pung generasi yang lulus dikampung ni pung wawasan sama deng anak-anak kota lai,” ungkap Saiya penuh harap. Baginya masalah kesehatan termasuk baik karena sekalipun terdapat puskesmas namun pelayanan kesehatan masih tetap berjalan dengan baik.
  • Lisa Akihary (31), yang ditemui disela-sela kesibukan mengantar anaknya untuk mengisi salah satu tarian dalam acara mengatakan “memang semua hal butuh perhatian tapi masalah pendidikan harus dapat porsi lebih karena pendidikan anak sering diidentikan dengan masa depan dan masa depan adalah kesejahteraan supaya katong sanang” ujar ibu dua anak yang pernah mengecap pendidikan sampai pada perguruan tinggi ini.
  • Ditanya soal, kebutuhan mendesak dalam kehidupan masyarakat yang masih didambakan masyarakat Aboru, kedua warga masyarakat ini mengaku bahwa untuk kebutuhan dasar memang lumayan baik. Saiya sambil mengajak MM untuk masuk dalam rumah yang berdinding beton yang berukuran cukup luas, sambil memutar kran air minum, Saiya mengatakan untuk kebutuhan akan air tidak masalah, mungkin Cuma pendidikan yang masih butuh perhatian.
  • Sejenak MM mencoba mengelilingi desa Aboru, Nampak jalanan bersih serta semua jalan yang ada ditengah Aboru adalah jalan rabat beton. Itu berarti pendidikan memang sangat diperlukan masyarakat Aboru.(cost)